Tips Memulai Pergaulan di Kantor untuk Karyawan Baru

di kategori Gaya Hidup

Sering sekali kita mendengar suruhan dari orang tua atau rekan yang meminta kita untuk pandai bergaul dimana saja berada untuk memperbanyak teman. Permintaan ini sangat beralasan karena dengan bergaul pikiran kita menjadi terbuka dan relasi pertemanan akan semakin bertambah. Tentu saja bergaul di sini dalam artian yang positif. Namun tidak semua orang memiliki sifat pandai bergaul dikarenakan beragam faktor mulai dari sifat yang pendiam, sifat sombong atau tipe orang tersebut yang suka mengucilkan diri. Terlepas dari faktor-faktor tersebut Anda yang saat ini memang suka bergaul atau berada dalam kondisi yang mengharuskan Anda bergaul dan berkenalan dengan banyak orang, tidak ada salahnya menyimak tips memulai bergaul berikut ini terutama untuk Anda yang berprofesi sebagai karyawan karena bergaul atau bersosialisasi di tempat kerja merupakan salah satu cara yang bisa membantu Anda menjalani proses adaptasi lebih cepat. Memiliki teman atau rekan kerja yang akrab akan mendorong terciptanya perasaan nyaman sehingga semangat kerja Anda selalu terjaga.

Perkenalkan diri

Saat pertama kali memasuki kantor yang baru tentunya Anda akan diperkenalkan dengan sebagian staf atau semuanya yang ada di Kantor. Pada saat perkenalan ini gunakan sebaik-baiknya untuk mengingat nama-nama orang yang berjabat tangan dengan Anda atau setidaknya mengingat nama atasan serta mereka yang akan sering kontak terkait pekerjaan. Anda harus konsentrasi penuh untuk mengingat nama-nama tersebut.

Usahakan Anda yang memulai percakapan

Karena masih baru di kantor atau perusahaan sebaiknya Anda yang terlebih dahulu memulai percakapan, bisa sekedar basa basi atau yang berhubungan dengan pekerjaan. Jangan menunggu senior Anda yang menegur karena sering terjadi senior yang malas memulai berkenalan dengan anak baru. Jangan malu dan berpikir dua kali untuk duluan menyapa karena penting untuk pergaulan.

Cari topik pembicaraan yang Anda ketahui pasti

Ketika mulai berkenalan tentunya ada topik yang mesti dibicarakan dan cobalah untuk mengobrol tentang topik yang umum dan siapa saja pasti mengetahuinya. Hobi, berita terkini, fashion atau gadget merupakan hal lumrah dan umum untuk dibicarakan. Mulailah dari sini untuk mengenal karakter lawan bicara Anda sebelum memulai pembicaraan yang lebih mendalam.

Hindari pertanyaan yang jawabannya antara iya dan tidak

Usahakan untuk mengajukan pertanyaan terbuka kepada lawan bicara Anda di kantor seperti diawali kata apa, siapa, kapan, kenapa dan dimana, karena pertanyaan ini bisa memancing lawan bicara untuk bercerita panjang lebar sehingga dari cerita tersebut akan muncul beragam topik yang bisa membantu Anda untuk mengobrol lebih lama dengan mereka. Tips bergaul dengan mengajukan pertanyaan seperti diatas terbukti ampuh untuk mengakrabkan diri.

Lebih banyak mendengar

Terkadang ketika mulai akrab sedikit dengan rekan kerja di kantor maka tiba-tiba saja Anda yang mendominasi pembicaraan. Anda menjadi orang yang ingin didengarkan. Hal ini tidak salah namun karena posisi Anda yang masih baru mengakrabkan diri, sebaiknya Andalah yang lebih baik mendengarkan mereka dan menunjukkan bahasa tubuh yang mengesankan Anda tertarik dengan topik yang sedang dibicarakan. Kontak mata dan anggukan sudah cukup untuk menunjukkan ketertarikan tersebut.

14.627

Lowongan Perkerjaan

16.978

Pencari Kerja

17.053

Perusahaan

dan akan terus bertambah..

Bergabung sekarang