Bagian 4 – Panduan Untuk Penyampaian yang Lebih Baik

di kategori Gaya Hidup

Panduan untuk penyampaian yang lebih baik

bagian-4

Resume bisa dikatakan sebuah karya seni yang menarik secara visual. Strukturnya bersih dan sederhana, mudah dibaca, simetris, seimbang dan tersusun rapi dengan ukuran spasi dan jarak per alenia yang teratur.

Dalam penulisan resume juga harus ada keseragaman dalam penggunaan hurup tebal atau miring, huruf besar dan kecil serta huruf dengan garis bawah atau simbol bulat. Semuanya tergantung anda untuk mengaturnya namun tetap perhatikan keseragaman. Misalnya, jika periode kerja ditulis pada tanggal terakhir bekerja maka untuk riwayat pekerjaan lainnya juga harus sama penulisannya.

Seperti yang disebutkan diatas, resume yang bagus harus bisa membuat setiap pembacanya terkesan pada pandangan pertama. Tampilannya haruslah menarik sehingga pembaca betah membaca tulisan hingga akhir. Ingat selalu bahwa resume adalah sebuah iklan. Resume tidak boleh mengandung kesalahan dalam hal penulisan atau pengetikan, ejaan, tata bahasa, tanda baca, dll. Juga tidak boleh berisi kebohongan tentang anda dan riwayat kerja anda.

Semua informasi dasar mengenai diri dan riwayat pekerjaan harus dicantumkan pada resume. Sebuah resume harus berisi informasi seperti: nama, alamat tempat tinggal, nomor telepon dan alamat email pada bagian atasnya. Menyusul riwayat pekerjaan kemudian tingkat pendidikan dan informasi tambahan. Sebagian informasi pada resume juga bisa dihilangkan untuk membuatnya ringkas namun hal yang disebutkan diatas harus diutamakan.

Rangkuman riwayat pekerjaan harus berisi judul pekerjaan, nama perusahaan, lokasi dan bulan atau tahun bekerja. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan posisi yang dilamar bisa dihilangkan. Jika tidak sedang mengambil kuliah, perlu juga menyebutkan kegiatan magang atau kursus yang diambil setelah tamat SMA/SMK.

graphicalresume

Sebuah resume harus memiliki target atau tujuan mengenai arah karir selanjutnya. Pertama-tama anda harus menjelaskan tujuan pekerjaan serta posisi atau jabatan yang dirasa cocok. Kemudian anda harus mengetahui kandidat dengan kemampuan seperti apa yang dibutuhkan pihak pemberi kerja. Fokuskan resume pada kebutuhan pemberi kerja dengan menonjolkan kemampuan atau keahlian yang dimiliki. Jika anda belum memiliki tujuan jelas dengan karir, maka sampaikan pengetahuan atau keterampilan yang pernah dipelajari serta yang menunjang untuk bisa mencapai karir yang diminati.

Kelemahan diri disamarkan dan kelebihan diri ditonjolkan. Fokuskan resume pada kelebihan diri yang bisa membuat orang terkesan. Perhatikan penjelasan mengenai keahlian dan latar belakang dengan mempertimbangkan susunan penulisan, lokasi penempatan, gaya bahasa serta gaya penulisan huruf yang akan digunakan sehingga tampilannya menarik dan mudah dibaca.

Resume harus fokus. Sebuah resume harus memiliki fokus di awal penulisan supaya memudahkan pihak pemberi kerja mengetahui profesi serta kemampuan yang bisa ditawarkan kepada pihak perusahaan. Jangan membuat pihak pemberi kerja membaca keseluruhan resume hanya untuk mengetahui tentang anda. Ingat bahwa waktu mereka tidak banyak untuk membaca semua tumpukan resume yang mereka terima. Anggap resume itu seperti sebuah karangan dengan judul dan kalimat pembuka yang ringkas dan informatif. Supaya mudah dikenal, anda bisa menulis profesi misalnya “Agen Real Estate Komersial,” atau “Penulis Resume” diletakkan pada bagian tengah dibawah nama dan alamat tempat tinggal. Bisa pada bagian tujuan atau rangkuman pernyataan yang dimulai dengan frase mengindikasikan profesi.

Untuk keahlian, prestasi dan deskrpisi pekerjaan yang pernah dilakukan, gunakan kata-kata yang kuat dan tepat sejak di awal penulisan. Namun jangan menggunakan kata yang sama berulang-ulang supaya tidak monoton. Tunjukkan jika anda berorientasi pada hasil. Buktikan kalau anda memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan dengan menonjolkan prestasi yang berhasil dicapai. Jangan hanya menulis pernyataan tentang potensi, bakat atau tanggung jawab.

Tunjukkan keberhasilan pekerjaan sebelumnya serta prestasi yang sudah diraih. Contohnya “Mencanangkan dan mengarahkan otomatisasi Departemen Personalia sehingga berhasil mengefektifkan waktu kerja hingga lebih dari 25 persen” Sebagai tambahan, awali pernyataan keahlian dan pengalaman kerja dengan kata-kata yang menunjukkan bukti keberhasilan anda mengerjakan sesuatu.

Menulis dengan jelas dan langsung pada intinya. Buat kalimat yang ringkas dan jelas. Hindari pengulangan frase atau kalimat dan juga hilangkan informasi yang dirasa tidak penting. Jangan menggunakan banyak contoh ketika satu saja sudah cukup untuk menarik minat pihak pembaca. Hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan demi menarik minat pembaca. Contoh yang benar: “Mengkoordinasi penggalangan dana di delapan kota besar dan menghasilkan lima kali lipat dari target.” Bandingkan dengan kalimat “pernah mengkoordinasi penggalangan dana dengan menggelar acara makan malam dan lomba kesenian yang diikuti oleh ribuan peserta dari kota-kota besar dan acaranya sangat sukses sekali.”

Variasikan kalimat panjang (jika dirasa perlu) dengan kalimat yang lebih pendek. Gunakan lebih banyak frase jika memungkinkan dan mulai tulisan Anda dengan kata kerja. Hilangkan kata ganti orang (“Saya” atau “Dia”). Jangan ulangi penulisan kata kerja penguat atau kata sifat dalam satu paragraf. Gunakan koma untuk memperjelas makna dan memudahkan pembacaan. Tetap konsisten dalam menulis, terutama untuk penggunaan singkatan dan huruf tebal atau miring.

Jadikan resume anda terlihat menarik. Gunakan tinta printer kualitas bagus. Jangan menggunakan tinta yang mudah pudar

44.508

Lowongan Perkerjaan

31.279

Pencari Kerja

18.949

Perusahaan

dan akan terus bertambah..

Bergabung sekarang